Jember Tourism

Jember Tourism

24.  Situs Duplang
Menurut juru pelihara situs, Situs Duplang muncul pada kisaran abad ke-10, meski sebagian lain meyakini situs ini sudah ada sejak abad ke-4. Lokasi ini sendiri memang salah satu perkampungan purbakala yang ada di Provinsi Jawa Timur selain Triwulan dan Kendal. Beragam bebatuan dengan fungsi yang berbeda terpelihara dengan baik di sini. Ada menhir, watu kenong, dolmen, dan lain-lain. Komplek situs ini juga ditanami dengan beragam tanaman yang tertata dengan baik—pun dengan kebersihannya. Dampaknya, suasana di kawasan situs menjadi cukup sejuk, sehingga ketika datang di siang hari pun Anda tidak akan merasa gerah.

Letaknya memang tersembunyi. Dari arah Taman Makam Pahlawan di Jalan Slamet Riyadi, pergilah ke utara menuju arah Bondowoso. Sekitar 5 km, Anda akan menemukan jalan kecil di sisi kiri, Jalan Argopuro. Masuk dan ikuti jalan sempit tersebut. Sekitar 3,5 km dari sana, di sisi kanan, persis di atas pemakaman yang ditumbuhi lebatnya semak-semak, Situs Duplang berada.

Lokasi : Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember
Jam operasional : 08.00-20.00

25.  Tanoker Ledokombo
Di kampung budaya ini, beragam permainan tradisional dari masa kecil dihidupkan kembali oleh sepasang suami istri penggagas Tanoker Ledokombo. Permainan egrang yang seru, outbound yang menyenangkan, mandi di sungai, hingga beragam kegiatan edukatif seperti menanam padi ada di sini.

Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota dan berada di kaki Gunung Raung. Namun, karena faktor lokasi itu pula yang membuat Tanoker Ledokombo semakin optimal untuk mengajak pengunjungnya kembali mengingat kebudayaan tradisional yang menjadi bagian dari masa kecil sebelum modernitas nyaris meleburkan seluruhnya.

Lokasi : Jalan Kantor Polisi, Simpang Tiga, Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember
Jam operasional : 00.00-23.00

26. Air Terjun Manggisan
Tak hanya terkenal dengan pantai, Jember juga menyimpan banyak potensi lainnya. Salah satunya adalah destinasi air terjun. Namun, sama seperti pantai, ada banyak sekali air terjun lainnya yang belum terekspos dan diketahui masyarakat luas—bahkan oleh penduduk sekitar.

Air Terjun Manggisan dinamai demikian tempat wisata di Jember ini berada di kawasan dengan nama yang serupa. Sepanjang perjalanan yang panjang, Anda akan ditemani dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Barisan bukit serta hamparan persawahan di sekitar yang hijau meluas akan menghibur Anda. Namun, perjalanan pun pada akhirnya dilanjutkan dengan memasuki hutan yang tak kalah hijau dan lebih menantang. Setelah perjalanan yang mungkin menguras fisik, pemandangan air terjun di antara tebing dan hutan akan kembali menyegarkan pikiran dan stamina Anda.

Lokasi : Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember
Jam operasional : 24 jam


Sumber: https://www.traveloka.com/id-id/activities/article/jember-103361

Histats

081311998489, Jasa Arsitek Rumah Jember | Jasa Desain Rumah Jember | Kontraktor Jember