Jember Info

Jember Info Pariwisata

11. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao
Satu-satunya pusat penelitian kopi dan kakao di Indonesia hanya ada di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dari sini, biji kopi dan kakao terbaik dihasilkan. Selain diekspor, bibit-bibit terbaik juga dikirim ke berbagai wilayah di nusantara untuk terus dikembangkan. Karena itu, sayang jika Anda melewatkan tempat wisata di Jember yang edukatif ini. Anda bisa mengikuti tur berkeliling kebun kopi dan kakao, memasuki pabrik dan melihat proses pengolahan kakao, dan mendapat segelas kopi atau cokelat panas di outlet setelah tur selesai. Namun, tidak masalah jika Anda hanya ingin bersantai di outlet dan berbelanja beragam olahan kopi dan kakao.

Untuk mengunjungi Puslit Koka, dari arah Surabaya, ketika mencapai perempatan Mangli, berbeloklah ke kanan—menuju arah Jenggawah. Sekitar tiga ratus meter sebelum alun-alun kecamatan, berbeloklah ke jalan kecil di sebelah kanan (ada plang penunjuk). Anda cukup mengikuti jalan utama beraspal sepanjang 5 km untuk mencapai tempat ini.

Lokasi : Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember

Jam operasional : Senin-Jumat pukul 07.00-16.00
Sabtu-Minggu pukul 07.00-14.00
Harga tiket : - (kecuali tur Rp25.000)

12. Taman Edukasi Botani
Diresmikan pada tahun 2007 yang lalu, Taman Edukasi Botani ini merupakan salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang menyenangkan. Seperti namanya, taman rekreasi ini dipenuhi dengan beragam tumbuhan yang ada di nusantara. Selain itu, taman juga dilengkapi berbagai fasilitas lain. Ada beberapa gazebo dari kayu yang dapat Anda singgahi untuk bersantai, kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, tempat makan dengan ruang terbuka, hingga lapangan futsal mini. Selain itu, ada pula koleksi hewan yang bisa Anda kunjungi di tempat ini.

Bila acuannya Terminal Tawangalun, teruslah ke arah utara. Di perempatan Mangli, ambil arah ke kiri dan terus saja mengikuti jalan hingga ujung dan menemukan pertigaan lalu belok ke kanan. Tidak jauh dari sana, Anda akan menemukan Taman Botani.

Lokasi : Jalan Mujahir, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember
Jam operasional : Setiap hari pukul 07.00-16.00
Harga tiket : Rp7.000

13. Perkebunan Teh Gunung Gambir
Tidak hanya memiliki banyak pantai yang berada di dataran rendah, kabupaten anggota segitiga emas Jawa Timur ini juga memiliki dataran tinggi yang sejuk. Salah satunya yang bisa Anda kunjungi adalah perkebunan teh yang terletak di Gunung Gambir. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati kesejukan alam hijau di sini. Selain bersantai di hammock yang dikaitkan di pohon, Anda juga bisa berkemah, joging, bersepeda, dan lain-lain. Penginapan dan vila juga tersedia bagi Anda yang ingin menginap.

Selain infrastruktur yang boleh dibilang masih sangat minim, informasi mengenai rute menuju tempat ini pun sangat minim. Tidak ada penunjuk arah, sehingga Anda yang bukan masyarakat setempat pasti akan kebingungan. Karena jalan yang juga cenderung sempit tanpa patokan pasti, ada baiknya Anda meminta bantuan penduduk setempat untuk memandu.

Lokasi : Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember
Jam operasional : 07.00-17.00
Harga tiket : Rp5.000 (parkir)


Sumber: https://www.traveloka.com/id-id/activities/article/jember-103361

Histats

081311998489, Jasa Arsitek Rumah Jember | Jasa Desain Rumah Jember | Kontraktor Jember